Mengenal Macam-macam Emosi Dasar + Printable Matching Card Gratis

Daftar Isi: [Show]

 

Mengenal Macam-macam Emosi Dasar + Printable Gratis

Tidak apa-apa kok bersedih...tidak apa-apa kok kadang marah. Karena emosi marah dan sedih juga termasuk emosi dasar yang manusia miliki. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengelola emosi-emosi tersebut. Yuk ajak anak untuk mengenal macam-macam emosi dasar dengan menggunakan printable ini. Ayah bunda tinggal unduh melalui link gratis yang sudah disediakan di bawah.

Petunjuk Penggunaan Printable:

  1. Printable ini tersedia di edundu.com bebas dipergunakan untuk kegiatan belajar di rumah. Bukan untuk dijual-belikan. 
  2. Tidak diperkenankan mengunggah kembali di platform atau situs pribadi tanpa ijin.
  3. Unduh melalui link dibawah ini
  4. Cetak printable ini di kertas hvs A4.
  5. Laminasi agar printable ini lebih awet dan dapat digunakan secara berulang.
  6. Gunting setiap bagian kartu emosi dan gambar ragam emosi, lalu ikuti langkah lesson plan berikut ini;

Unduh Printable Ini Gratis

dengan klik tombol download kelap kelip di bawah ini

Lesson Plan (Rencana Pembelajaran):

- Tujuan Pembelajaran : Mengetahui macam-macam emosi dasar manusia

- Langkah Pembelajaran :
  1. Sebelum mengenalkan macam-macam emosi, ajaklah anak untuk memahami emosinya saat ini atau dari kejadian yang telah berlalu. (Misalnya: "Adek, saat mainan adek hilang kemarin adek nangis ya? Adek sedih?. Nah kalau kemarin saat bertemu nenek, adek sedih atau bahagia? dll..."), kemudian kembangkan dialog sesuai keadaan. Tahap ini penting untuk dilakukan sebagai tahapan apersepsi sebelum memasuki inti pembelajaran.
  2. Kemudian mulai masuk ke inti pembelajaran. Tunjukan kartu macam-macam emosi dan ajak anak untuk memperhatikan perbedaan ekspresi wajah dari beragam emosi dalam kartu tersebut. (Contoh dialog : "Manusia punya beragam emosi, bisa bahagia, sedih, marah, takut, kaget. Coba tebak, kalau sedih biasanya ekspresi kita seperti apa?")
    Mengenal Macam-macam Emosi Dasar + Printable Matching Card Gratis

  3. Minta anak untuk membaca nama-nama emosi yang tertera. Jika anak belum bisa membaca, minta anak untuk menebak ekspresi apakah yang ada di kartu tersebut. Kemudian bacakan satu persatu.
  4. Ajak anak untuk menirukan eksprei-ekspresi tersebut
  5. Ajak anak untuk mengelompokan ekspresi yang sama pada kartu yang tersedia. Untuk tahapan awal, Ayah Bunda bisa memberikan contoh dengan fokus pada satu emosi terlebih dahulu, dan hanya berikan 4-5 pilihan gambar saja. Jika anak sudah mulai memahami alur permainan, anak bisa diajak menyelesaikannya sendiri dengan pilihan kartu yang lebih banyak.
    Mengenal Macam-macam Emosi Dasar + Printable Matching Card Gratis

  6. Sebagai penutup, Tunjukanlah beberapa ekspresi yang berbeda kemudian mintalah anak untuk menebak nama dari ekspresi emosi tersebut.

Jangan lupa upload kegiatan belajar menggunakan printable ini lalu Tag dan mention kami di Instagram agar semakin banyak yang dapat mengakses printable gratis ini. Oya, Follow akun instagram kami ya untuk info koleksi terbaru. Klik Disini untuk mengikuti kami.

Jika Ayah Bunda mempunyai ide pembelajaran tentang tema ini silakan tulis di kolom komen ya.. agar bisa saling berbagi berkomunitas :)



Salam hangat,



Komentar