Adab makan dalam islam disertai printable flashcard adab makan dan kartu hadist gratis

Daftar Isi: [Show]

 



Islam mengatur umatnya dari berbagai aspek kehidupan termasuk mengenai tata cara atau adab makan. Pengenalan dan penanaman adab pada anak merupakan hal yang sangat penting dilakukan sejak dini untuk membangun kesadaran dan pembiasaan pada anak. 

Tata cara makan dan minum ini telah tertuang di dalam Al-Quran dan hadist. Berikut ini beberapa adab makan dalam islam yang sebaiknya kita terapkan sehari-hari diantaranya beserta ayat dan hadistnya;

1. Makan dan minum dari yang halal

Allah SWT telah memerintahkan kita untuk makan dan minum dari yang halal sebagaimana yang tertulis dalam Al quran surat Al baqarah;

“Hai manusia, makanlah dari apa yang ada di bumi yang halal dan baik dan janganlah kamu mengikuti jejak setan. Sesungguhnya dia adalah musuh yang nyata bagimu.” (Al-Baqarah, 2: 168)

2. Mencuci tangan sebelum dan setelah makan

Anjuran mencuci tangan pun telah dicontohkan rasulullah seperti yang terdapat pada hadis berikut;

....... dan apabila hendak makan, maka beliau mencuci kedua tangannya terlebih dahulu.”

(HR. Abu Daud no.222, An Nasa’i no.257, dishahihkan Al Albani dalam Shahih An Nasa’i)


3. Duduk ketika makan dan minum

Islam melarang kita makan sambil berdiri. Telah dicontohkan oleh rasul duduk dengan tawadhu ketika sedang makan sebagaimana hadist berikut;

“Aku tidak pernah makan sambil bersandar, aku hanyalah seorang hamba, aku makan sebagaimana layaknya seorang hamba dan aku pun duduk sebagaimana layaknya seorang hamba.” (HR. Al-Bukhari no. 5399) 

4. Membaca doa sebelum dan setelah makan

Hendaknya kita berdoa sebelum dan setelah makan sebagaimana hadist;

“Apabila salah seorang di antara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismillaah’, dan jika ia lupa untuk mengucapkan bismillaah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan: ‘Bismillaah awwaalahu wa aakhirahu’ (dengan menyebut Nama Allah di awal dan akhirnya).” (HR. Abu Dawud no. 3767)

"Barangsiapa sesudah selesai makan berdo’a: ‘Alhamdulillaahilladzi ath‘amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku),’ niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu" (HR Abu Dawud no. 4023)


5. Mengambil hidangan yang paling dekat

Jika di hadapan kita tersedia banyak hidangan, maka dianjrkan untuk mengambil apa yang paling dekat sebagaimana hadist yang berbunyi; 

“...... dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (Hadits Muslim, 2022).

6. Makan dan minum dengan tangan kanan

Anjuran makan dan minum ini terdapat dalam hadis yang sama dengan sebelumnya

“Wahai anak muda, sebutlah Nama Allah (bismillaah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (Hadits Muslim, 2022).

7. Tidak meniup makanan dan minuman

Rasul melarang kita meniup di dalam gelas, jika makanan dan minuman dalam keadaan panas hendaknya menunggu sampai hidangan itu agak dingin.

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang untuk menghirup udara di dalam gelas (ketika minum) dan meniup di dalamnya" (HR at-Tirmidzi no. 1888)

8. Tidak makan berlebihan

Rasulullah menghindarkan diri dari kekenyangan yang berlebihan. Karena rasa kenyang berlebihan mendatangkan banyak kemudorotan seperti gangguan kesehatan, rasa malas dll

Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk nafasnya. (HR Ibnu Majah no. 3349 )


9. Tidak mencela makanan

Mencela makanan adalah hal yang tidak pernah dilakukan rasul. Jika rasul tidak suka dengan hidanan maka beliau meninggalkannya dan tidak pernah mencelanya. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mencela makanan, apabila beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berselera, (menyukai makanan yang telah dihidangkan) beliau memakannya, sedangkan kalau tidak suka (tidak berselera), maka beliau meninggalkannya (HR Bukhari no. 3563)


10. Makan menggunakan tiga jari

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa makan dengan meng-gunakan tiga jari tangan (kanan) apabila sudah selesai makan, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjilatinya.” (HR. Muslim no. 2032 (132), Abu Dawud no. 3848)

Tiga jari yang dimaksud adalah jari tengah, jari telunjuk dan ibu jari. 


11. Makan bersama

Rasul menganjurkan kita untuk makan bersama bak itu dengan kelarga atau kerabat seperti bunyi hadist berikut;

Berkumpullah kalian dalam menyantap makanan kalian (bersama-sama), (karena) di dalam makan bersama itu akan memberikan berkah kepada kalian.” (HR. Abu Dawud no. 3764)



Printable ini bisa membantu ayah bunda untuk mengenalkan adab makan pada anak. Ayah Bunda Tinggal unduh lalu buat sendiri di rumah. Sangat cocok untuk mengisi waktu luang anak dengan bermain sambil belajar di rumah.

Petunjuk Penggunaan Printable:

Printable ini tersedia di edundu.com bebas dipergunakan untuk kegiatan belajar di rumah. Bukan untuk diperjualbelikan. 
  1. Cetak printable ini di kertas hvs A4 lalu laminasi agar lebih awet, atau bisa menggunakan kertas artpaper.
  2. Gunting setiap kotak kartu adab dan kartu hadist.
  3. Ajak anak untuk mencocokan gambar yang ada di kartu hadist dengan gambar yang ada di kartu adab makan.
  4. Bacakan hadist dan beri penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami anak

Unduh Gratis Printable Ini Gratis

dengan klik tombol download kelap kelip di bawah ini


Jangan lupa upload kegiatan belajar menggunakan printable ini lalu Tag dan mention kami di Instagram agar semakin banyak yang dapat mengakses printable gratis ini. Oya, Follow akun instagram kami ya untuk info koleksi terbaru. Klik Disini untuk mengikuti kami.


 
Salam hangat,



Referensi:

https://almanhaj.or.id/4005-adab-adab-makan-dan-minum.html


Komentar

Subscribe