Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Fitrah Based Education

Daftar Isi: [Show]

Tujuan pendidikan dalam pandangan fitrah based education


Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Fitrah Based Education - Fitrah based education adalah suatu model pendidikan yang dikembangkan oleh Ustadz Harry SantosaSaya mengenal FBE ini melalui beberapa workshop yang Saya ikuti bersama Ustadz Harry Santosa serta membaca buku yang beliau tulis. Menurut Saya konsep pendidikan dalam FBE ini adalah salah satu yang muslim-friendly, karena filosofi tujuan pendidikannya pun diselaraskan dengan tujuan penciptaan yang Allah kehendaki di dalam Kitabullah.

Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Fitrah Based Education

Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Fitrah Based Education


Coba kita ingat dan renungkan kembali apa saja hal yang telah kita pelajari dari kecil sampai saat ini, apakah pendidikan kita selama ini mengantarkan kita menjadi pribadi yang termaksimalkan potensinya untuk mencapai tujuan hidup yang Allah ridhai? hiks atau Hanya membangun angan angan duniawi saja? Sebenarnya apa tujuan kita mempelajari sesuatu? Apa yang kita cari? 

Fitrah Based Education menjelaskan bahwa karena sejatinya setiap yang Allah ciptakan pasti memiliki maksud atau tujuan mengapa ia diciptakanNya, maka dari itu penting bagi kita untuk menyelaraskan tujuan hidup (the purpose of life), misi dan cita-cita kita selama hidup di bumi ini dengan tujuan penciptaan yang Allah maksud agar hidup kita lebih bermakna. 

Pandangan ini tentu akan sangat mempengaruhi cara pandang kita terhadap tujuan pendidikan.

Tanpa menempatakan pendidikan dalam lansekap peradaban, sesungguhnya pendidikan hanyalah aktivitas anpa makna yang tidak relevan dengan misi (the mission of life) dan tujuan hidup (the purpose of life).- Ustadz Harry Santosa

Tentang Tujuan hidup (The Purpose of life) dan kaitannya dengan Pendidikan

Lantas, apakah tujuan penciptaan manusia menurut kehendak Allah itu? 

Dalam bukunya, beliau menyebutkan bahwa The purpose of life yang dimaksud tertuang dalam Al Quran yaitu; 

Dan aku tidak menciptakan  jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku (ibadah). (QS. AdzDzariyat ayat 56).

Dia Allah yang menciptakan kamu dari bumi (Tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya (imaroh). Dan mohonlah ampunan dan bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha dekat dan Memenuhi segala Permintaan. (QS. Hud ayat 61).

Dan ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada malaikat. Aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi. Mereka (para malaikat) berkata, "apakah Engkau hendak menjadikan orang yang berbuat kerusakan di muka bumi dan menumpahkan darah, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia Allah berfirman, "Sungguh aku mengetahui apa yang tidak kallan ketahui. (QS. Al Baqarah ayat 30)

Lebih lanjut lagi, Ustadz Harry menerangkan bahwa manusia diciptakan dengan maksud agar  menjadi khalifah yang membuat damai dan membuat alam lestari, menjadi imaroh yang memakmurkan bumi, menjadi imama yang memimpin orang tunduk pada panggilanNya dan untuk melakukan ibadah kepadaNya.

Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Fitrah Based Education


Tujuan penciptaan manusia inilah yang semestinya dijadikan dasar perumusan tujuan hidup manusia.  Maka peran pendidikan harus mampu menjawab ini semua.

Saya pribadi sangat kagum dengan konsep FBE ini, karena kita diajak memahami world view tentang tujuan hidup, pun dengan tujuan pendidikan yang bukan hanya sekedar untuk mampu memenuhi kebutuhan dasar bertahan hidup dan memenuhi ambisi pribadi serta mencetak generasi yang mampu memenuhi kebutuhan industri saja melainkan untuk menjalankan tugas besar dari Allah seperti yang disebutkan sebelumnya.

Sementara itu, Misi adalah cara untuk menyelesaikan tujuan (purpose). Dan misi spesifik setiap individu disesuaikan dengan fitrah bakat yang dimilikinya.

Makna Fitrah dan kaitannya dengan pendidikan

Definisi fitrah dalam KBBI berarti sifat asal, kesucian, bakat, pembawaan. Kata fitrah ini juga disebutkan dalam Alquran QS Ar Rum Ayat 30;

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah.

Ustadz Harry menjelaskan bahwa fitrah adalah potensi peradaban yang didalamnya telah well installed potensi dari semua peran manusia untuk menjalani misi hidupnya dalam rangka mencapai tujuan bidup.

Maka peran pendidikan sejati harus dimulai dari merawat dan menumbuhkan fitrah Allah sebagai benih atau potensi bagi misi hidup untuk dirawat, dibangkitkan serta ditumbuhkan melalui pendidikan.- Ustadz Harry Santosa

Tujuan Pendidikan dalam Pandangan Fitrah Based Education


Kesimpulan

Tujuan pendidikan yang di usung model pendidikan peradaban Fitrah Based Education adalah untuk memaksimalkan peran peradaban dengan menyelaraskan pendidikan dengan fitrah, misi hidup dan tujuan hidup itu sendiri.




Referensi:
Buku Fitrah Based Education. Harry Santosa 2018




Komentar