Serunya kegiatan persiapan membaca menggunakan Moveable alphabet ala Montessori!

Daftar Isi: [Show]
Haiii, Assalamualaikum :) akhirnya bisa kembali menulis di blog setelah lama berkutat dibelakang layar membuat moveable alphabet ini. senaaaang akhirnya bisa selesai juga yippppyyy.... \(^.^)/

Ini adalah moveble alphabet yang saya buat sendiri dari hardboard lalu di cat. Sebenarnya ada cara lain membuat moveble alphabet ini yaitu menggunakan kertas asturo berwarna merah dan biru, lebih ramah ke tangan karena lebih mudah mengguntingnya daripada bahan hardboard ini, tidak perlu di cat juga.

Serunya kegiatan persiapan membaca menggunakan Moveable alphabet ala Montessori!

Tapi pertimbangan saya membuat menggunakan hardboard ini karena ingin sedikit menyerupai moveable yang asli yang biasanya terbuat dari ukiran kayu, lebih enak di pegang dari pada yang berbahan kertas, dan ingin lebih awet. Prinsip DIY saya adalah bagaimana caranya kita memiliki alat belajar yang ramah dikantong tapi juga bisa awet ,, wet, wet.....dipakai anak pertama nanti, anak kedua, ketiga, keempat, ke lima dan seterusnya.. eh haha . aamiin 

Seperti yang kita tahu, harga moveble alphabet ini kalau beli bisa mencapai ratusan ribu. Jadi tangan sedikit keriting juga tidak mengapa, minimal kita bisa usaha untuk "save our money" Lol. Oiya, ini juga dibuat untuk tugas dari mentor saya ibu mini dan mba annisa di online grup yang memfasilitasi kami belajar montessori. Sangat bersyukur bisa bergabung dengan grup ini :3.


Untuk Apa Moveable alphabet ini?

Dalam montessori, moveable alphabet ini digunakan untuk mengeja, membangun kata dan mengidentifikasi bunyi dan bentuk huruf dalam suatu kata.

Kapan mulai digunakan LMA ini?
Sebelum menggunakan LMA(large moveble alphabet) ini anak harus dipastikan sudah
4. dan sudah mampu menyalin  a-z

Bagaimana?
Langkah pertama adalah mengajak anak mencocokan LMA dengan Sand paper letters (SPL). Kegiatan ini berguna untuk menyamakan persepsi dalam fase peralihan dari SPL ke LMA. Jangan lupa untuk mengajak anak mengambil dan menyimpan tiap huruf ke dalam box nya masing-masing untuk membangun habit anak dan membuatnya ingat posisi tiap huruf itu sendiri. (catatan: posisi huruf pisah dalam box harus sama tidak boleh berubah)





Tahap selanjutnya divariasikan dengan penggunaan benda kecil/ model dan gambar dalam fase pink series.




--------------------------------------------------------------------------------



Jangan lupa, ajak anak untuk menyalin. Jika inset and design & SPL sudah dikuasai anak, kegiatan menyalin pasti lebih mudah :)





Yuk buat sendiri!


Klik disini untuk membaca artikel lain tentang montessori.

selamat membersamai buah hati :)

Komentar