Pengenalan simbol huruf menggunakan Sandpaper Letters/Huruf raba Montessori

Daftar Isi: [Show]



Assalamualaikum, 
Kali ini kita akan mereview tentang penggunaan sandpaper letter/ huruf raba untuk mengenalkan simbol huruf dalam pendekatan montessori.

Sandpaper letter itu sendiri adalah huruf yang bertekstur, biasanya dibuat dari kertas ampelas. Untuk konsonan ditempel di papan atau kertas alas berwarna pink, dan vokal ditempel di papan /alas berwarna biru.

Tujuan penggunaan Sandpaper Letters adalah agar anak mampu mengenal arah penulisan huruf, mengasosiasikan suara phonic dengan huruf, mengingat bentuk huruf.


Syarat utama mengenalkan symbol menggunakan huruf raba adalah anak harus dikenalkan terlebih dahulu bunyi huruf secara sengaja serta menganalisis bunyi awal dari sebuah kata/benda. (Klik disini untuk membaca materi tentang bunyi huruf)





Detail huruf bertekstur

Bagaimana cara menggunakan sandpaper latters?

Langkah pertama adalah meraba symbol huruf dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian membunyikannya. 


Dalam penggunaan sandpaper letters ini, kita dapat mengelompokan huruf berdasarkan system keluarga untuk mempermudah anak dalam memahami simbol huruf. 

Keluarga 'C'

Keluarga 'i'

Keluarga 'r'

Keluarga 'puzzle'
Hal yang saya ingat dari penjelasan Ibu mini (guru saya ) bahwa "mengenalkan symbol menggunakan system keluarga ini akan membantu anak dalam membedakan huruf yang biasanya tertukar, seperti b, d, p, q. dll. mempermudah anak dalam membentuk huruf karena searah dengan pemimpin keluarga. Dan membantu menyembuhkan anak disleksia."

Menulis Diatas Pasir/beras

Tujuan dari kegiatan menulis diatas pasir atau beras ini adalah sebagai langkah awal menguji pemahaman anak setelah ia belajar menggunakan sandpaper letter.

Caranya cukup mudah. sediakan beras diatas wadah lalu minta anak untuk menulis huruf seperti saat meraba sandpaper letters, jangan lupa beri contoh terlebih dahulu.




Untuk tahap lebih lanjut kita dapat memberinya pulpen dan kertas. jangan lupa ajarkan memegang pensil secara benar terlebih dahulu  dengan berlatih menggunakan inset & design. (klik disini untuk membaca tentang inset and design )


fyi, sandpaper letters ini saya buat sendiri loh.. yuk bikin!


salam.
eliza b

Komentar

  1. Maashaa Allah bermanfaat sekali nemu blog ini :) terimakasih semoga barokah dan selalu diberikan kesehatan :)

    BalasHapus