Alat belajar 'Metal insets' ala Montessori & Pengaruhnya terhadap kemampuan menulis anak

Daftar Isi: [Show]




Assalamualaikum, Terimakasih sudah berkunjung ke blog edundu. Kali ini saya ingin me-review tentang metal inset dan hubungannya dengan kemampuan menulis anak.

Dalam melatih kemampuan anak untuk bisa menulis, Dr Maria Montessori (Seorang Dokter, Pendidik dan Ilmuan penemu metode belajar montessori) membangun prinsip bahwa sebaiknya anak diberikan kegiatan pra menulis terlebih dahulu untuk menguatkan otot-otot jarinya. Jadi, dalam prinsipnya anak tidak serta merta langsung diberikan pensil dan buku bergaris, lalu memintanya untuk menyambungkan huruf putus-putus disertai latihan sampai berbaris-baris buku seperti pengalaman kita dulu pada umumnya.

Salah satu kegiatan pra menulis dalam metode montessori ini adalah dengan menggunakan metal inset

Apa itu metal inset?

Metal inset terdiri dari sepuluh kotak logam datar, namun saat ini bahan dasar yang banyak digunakan adalah kayu. Di masing-masing kotak terdapat potongan bentuk yang dapat kita lepas seperti puzzle yang dilengkapi knob untuk memudahkan anak.



Metal insets ini digunakan untuk membantu melatih gerakan tangan dalam persiapan menulis dengan mengajari cara memegang pensil yang benar, melatih kekuatan otot tangan, serta melatih kordinasi mata & tangan.

Anak bebas memilih bentuk yang ingin mereka gunakan dan warnanya. Pertama-tama anak diminta men-tracing bangun datar sederhana menggunakan inset, kemudian membuat pola didalamnya. Bisa juga memanfaatkan bagian inset bentuk lain untuk membuat design pola lebih kompleks.

infomontessori

infomontessori
Berikut contoh hasil desain dari insets.
education of ours
La semaine

DIY INSET

Harga inset yang asli ini lumayan menguras kantong, maka dari itu kita bisa mensiasatinya dengan membuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang relaif terjangkau.


Alat bahan:
1. Cutter
2. Pensil
3. Kertas Karbon
4. Hardboard
5. Cat & Kuas
6. Push pin

Cara:
1. Print pola inset (silakan download printable gratisnya di internet)
2. Jiplak pola inset ke hardboard menggunakan kertas Karbon
3. Potong menggunakan cutter. memang sedikit sulit di bagian lengkungan nya. lakukan dengan hati-hati
4. Cat menggunakan cat kayu agar lebih awet. Bagian bentuk bangun datar berwarna biru. bagian luar biasanya pink atau coklat kayu
5. Setelah kering tempelkan push pin di tengah sebagai knob untuk memudahkan anak memasang dan membuka insets

selamat mencoba :)








Komentar