Lakukan ini agar anak tidak boros dan mampu mengelola uang dengan baik

Daftar Isi: [Show]



Kalau anak sudah mengenal 'jajan', biasanya ia tidak peduli dengan uang. Segala keinginannya harus dipenuhi saat itu juga. Ada yang merengek terus menerus bahkan sampai tantrum. Namun  jika tidak dikendalikan dengan baik, anak bisa menjelma menjadi anak yang boros. Kalau sudah begini biasanya orangtua akan sangat kerepotan.

Ada beragam cara agar anak terhindar dari perilaku boros dan mampu mengelola keuangannya dengan baik. Apa saja? Berikut ulasannya




Ajarkan 7 'nilai' uang berikut ini sebelum anak berusia 10 tahun

IDN Times menjelaskan bahwa sebelum anak berusia 10 tahun adalah masa keemasan orangtua untuk mulai mengajarkan tentang 'nilai' uang kepada anak. apa saja nilainya?

1. Ajarkan bahwa uang tidak didapatkan begitu saja



Orang tua harus mampu memberikan penjelasan bahwa uang tidak dipetik dari pohon, namun di dapatkan melalui usaha/kerja orangtua terlebih dahulu. Anak usia 10 tahun sebaiknya harus benar-benar paham dengan konsep ini.

2. Ajarkan untuk bersabar


Ajarkan anak untuk bersabar dalam menunggu apa yang mereka inginkan. Anak butuh belajar bagaimana rasanya berharap dan menunggu agar dia dapat memaknai proses, bukan yang instan.

3. Jangan langsung menghabiskan uang begitu mendapatkannya 




Beritahu mereka bahwa uang yang didapatkan bukan untuk langsung dihabiskan begitu saja. Ajarkan mereka untuk menahan yang mereka inginkan.

4. Siapkan celengan. Ajarkan menabung



Berilah contoh teladan menabung/menyimpan uang dirumah. Pastikan ia melihatnya dan ajak anak untuk ikut menabung dengan konsisten. Jangan lupa jelaskan manfaat dari menabung.

5. Membuat wish list/ daftar permintaan



Ajarkan mereka untuk menuliskan apa yang mereka inginkan lalu bantu untuk memilih mana yang lebih prioritas dan melihat berapa jumlah uang yang berhasil mereka tabungkan.

6. Mengatur pengeluaran sesuai uang yang dimiliki



Bantu mereka untuk dapat menyesuaikan keinginan dengan jumlah uang yang dimiliki. jika tidak cukup, maka semangati mereka untuk menabung lagi

7. Berbagi itu indah


Jika anak sudang bisa menabung dan mengatur pengeluaran, maka ajarkan anak untuk berbagi. Mulai dari berbagi kepada teman dalam bentuk makanan atau apapun untuk membantu. Mengajarkan anak senang memberi dapat mempertajam rasa empati nya dan menganggap bahwa uang bukanlah hal yang harus disimpan sendiri.

Demikian penjelasan mengenai cara menanamkan 'nilai' uang agar anak tidak boros. Untuk sekedar tambahan, jika anak cenderung boros untuk membeli jajanan makanan/ cemilan, mulai saat ini bunda dapat mencoba mengajaknya untuk membuat cemilan sendiri dirumah. Selain mengenalkan bahwa makanan yang dibuat di rumah lebih hemat dan higienis, aktivitas membuat makanan dirumah bersama anak akan membantu mengembangkan practical life skill dan mempererat bonding antara orangtua dan anak. sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui :)






Komentar

  1. terimakasih untuk free printable nya. Smg Allah membalas kebaikan nya dan bs menjadikan amal jariyah 🙏🙏😍

    BalasHapus
  2. Masya allah bermanfaat sekali semoga menjadi amal sholih unn=tuk creator

    BalasHapus

Subscribe